Usaha kecil dan menengah yang berkembang merangkul dunia digital pertama

  • Whatsapp

Bumiayu.id Untuk  laporan Tren Bisnis Kecil dan Menengah edisi kelima , Salesforce menganalisis tanggapan lebih dari 2.500 pemilik dan pemimpin UKM di seluruh dunia untuk menentukan:

1. Bagaimana dukungan dari komunitas lokal telah memengaruhi UKM

2. Apa yang dilakukan UKM untuk memperdalam kepercayaan dengan pelanggan dan karyawan, 3. Bagaimana teknologi membantu UKM tumbuh

4. Apa yang telah berubah untuk UKM selama setahun terakhir dan bagaimana hal itu berdampak pada masa depan mereka. Fokus artikel ini adalah pada penggunaan teknologi untuk memungkinkan pertumbuhan bisnis. 

Usaha kecil dan menengah (UKM) telah mengalami perubahan signifikan selama hampir dua tahun, mengubah model operasi mereka melalui krisis kesehatan yang berkelanjutan, kerusuhan sosial, dan ekonomi yang sangat fluktuatif. 

Banyak UKM telah berhasil melewati masa-masa yang tidak pasti dan telah menyesuaikan diri, mempersiapkan diri untuk pertumbuhan di masa depan. Berikut adalah empat tema dan wawasan tingkat tinggi dari laporan SMB Trends 2021:   

Usaha kecil dan menengah yang berkembang merangkul dunia digital pertama

  1. Komunitas dan Pemerintah Meningkatkan UKM – Karena penutupan karena pandemi, UKM menjadi semakin kekurangan sumber daya — sambil berjuang untuk mempertahankan aliran pendapatan.

    Pemerintah dan masyarakat lokal sama-sama melangkah untuk membantu. Dua pertiga pemimpin UKM mengatakan dukungan masyarakat penting bagi kelangsungan hidup perusahaan mereka. Lebih dari separuh pemohon bantuan UKM menerima bantuan, dengan usaha kecil kemungkinan besar telah menerima bantuan pemerintah nasional/federal

  2. Prioritaskan Keterlibatan Pelanggan dan Karyawan  – Setelah periode gejolak, UKM mencari cara untuk memperdalam kepercayaan. Untuk melakukannya, mereka berfokus pada penyediaan komunikasi dan fleksibilitas yang transparan kepada karyawan, sambil juga memenuhi harapan pelanggan.

    Lebih dari tujuh dari 10 UKM mengatakan pelanggan mereka mengharapkan transaksi online, dan proporsi yang hampir sama memiliki kehadiran e-niaga.

  3. UKM Merangkul Dunia Digital-Pertama  – Di dunia yang semakin tidak terduga, para pemimpin UKM mempercepat investasi teknologi mereka — mencari teknologi untuk membantu bisnis mereka bertahan bahkan di masa yang paling kacau. Lebih dari setengah UKM yang tumbuh mempercepat investasi dalam penjualan dan teknologi layanan pelanggan selama setahun terakhir.

  4. UKM Meramalkan Perubahan Jangka Panjang dari Pandemi  – Banyak pemimpin UKM telah memikirkan kembali strategi mereka untuk menjaga bisnis mereka tetap bertahan; dalam melakukannya, operasi menjadi lebih efisien.

    UKM sekarang berencana untuk menyimpan beberapa perubahan tersebut secara permanen. Tiga perempat pemimpin UKM percaya bahwa perubahan yang mereka lakukan pada operasi bisnis selama setahun terakhir akan menguntungkan mereka dalam jangka panjang.

Related posts