Tips Tidur Berkualitas Melalui Posisi Tidur Yang Bisa Anda Praktekkan

0
106

Bumiayu.id- Tidur merupakan aktivitas alamiah bagi setiap individu. Hampir sepertiga hidup manusia dihabiskan untuk tidur. Banyak orang menganggap bahwa tidur merupakan waktu istirahat setelah lelahnya beraktivitas sepanjang hari. Seiring berkembangnya ilmu pengetahuan ternyata ditemukan fakta bahwa tidur tidak lagi menjadi waktu seseorang ketika tidak memiliki aktivitas, melainkan tidur melibatkan banyak aktivitas yang mempengaruhi kesehatan tubuh.

Meskipun durasi tidur Anda sudah mencapai ideal, belum tentu hal tersebut dapat menjamin kesehatan Anda. Maksudnya lamanya durasi tidur Anda tidak berpengaruh terhadap kesehatan Anda bila tidur Anda memiliki kualitas yang kurang baik.  Oleh sebabnya disisi lain mengutamakan durasi tidur tetapi kualitas tidur Anda juga harus diperhatikan.

Kualitas tidur juga sangat dipengaruhi oleh posisi tidur Anda. Ada tiga posisi tidur yang baik, bahkan beberapa pakar kesehatan juga menyatakan dapat memperpanjang usia. Berikut kami sajikan tiga posisi yang baik saat tidur.

  1.   Tidur Miring

Apabila Anda merasa nyaman dengan posisi miring, sebaiknya badan dimiringkan ke arah kanan. Seperti halnya tidur dengan posisi telungkup, posisi tidur menghadap ke arah kiri juga dapat berbahaya bagi jantung Anda. Pasalnya posisi miring ke arah kiri dapat membebani jantung dengan berat badan Anda.

Bagaimanapun saat Anda sedang tidur, jantung Anda akan tetap berdenyut memompa darah. Jika jantung dibebani dengan berat badan Anda dikhawatirkan akan mengakibatkan kelelahan jantung yang dapat berakibat fatal dalam jangka panjang.

(lifestylr.okezone.com)

Perlu diketahui bahwa posisi miring yang terbaik ialah cara tidur bayi, yakni dengan punggung melengkung dan kaki sedikit menekuk ke arah dada. Posisi seperti ini dapat mengurangi tekanan pada tulang punggung, mempermudah pernapasan serta membebaskan organ-organ tubuh.

Posisi seperti ini juga mencegah leher dan sakit punggung, mengurangi kebiasaan mendengkur, dan posisi terbaik untuk ibu hamil.

Agar semakin nyaman, gunakan bantal yang sedikit keras di bawah kepala dan leher Anda yang sekaligus mengurangi tekanan di pundak Anda.  Sisipkan juga bantal di antara kedua kaki Anda agara tumpuan badan tidak terlalu berpusat di pinggul dan tidak menimbulkan pegal-pegal.

  1.   Tidur Telentang

Posisi ini sangat baik pada saat Anda sedang memiliki nyeri punggung. Posisi tersebut juga baik untuk mencegah Anda dari resiko sakit leher. Selain itu, baiknya posisi ini dapat mengurangi dan meminimalisir keriput, serta bagi wanita dapat mengencangkan payudara.

(beritagar.id)

Tidur telentang juga dapat memudahkan kepala dan leher serta tulang belakang untuk mempertahankan posisi netral seseorang. Melalui posisi ini Anda tidak dapat membuat tulang punggung berbentuk melengkung.

 

  1.   Tidur Telungkup

Memang posisi telungkup pada saat tidur dapat membantu pencegahan keriput karena tidak ada dorongan yang menekan wajah. Namun sebaiknya posisi ini perlu Anda pertimbangkan.

(id.theasianparent.com)

Posisi ini menurut para ahli merupakan posisi yang paling buruk karena organ-organ penting mengalami tekanan oleh badan seperti jantung, paru-paru dan perut.  Namun jika karena suatu hal yang mengharuskan Anda tidur dengan posisi seperti ini, gunakan bantal di bawah perut dan pinggul. Selain itu hindari penggunaan bantal di kepala atau bisa kenakan bantal yang berukuran lebih kecil sebab dapat menekan leher Anda.

Hampir setiap orang memang berganti-ganti posisi saat tidur. Hal tersebut sangat wajar karena pada saat tidur seseorang dalam keadaan tidak sadar. Namun hal tersebut dapat diminimalisir dengan tidur di tempat yang nyaman serta kenakan bantal yang empuk.

Sekian informasi seputar posisi tidur yang baik bagi kesehatan Anda agar mendapatkan kualitas tidur yang ideal. Semoga informasi ini dapat bermanfaat. Informasi unik lainnya dapat Anda kunjungi di website kami.

 

MM

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here