Tips Olahraga Ringan Untuk Mempertahankan Fisik yang Sehat

0
129

Bumiayu.id Olahraga memang dikenal banyak manfaat terutama bagi kesehatan tubuh. Namun banyak orang yang memiliki tujuan tertentu selain menjaga kesehatan seperti hiburan, hobi, atau juga aktivitas wajib. Olah jasmani ini sejatinya diaplikasikan dalam berbagai bentuk kegiatan seperti kegiatan ringan, sampai angkat beban.

Bagi Anda yang memiliki kepadatan aktivitas seperti pekerjaan kantor, tidak mungkin memiliki banyak waktu luang untuk melakukan aktivitas yang satu ini. Kerap kali susah untuk melakukan olahraga yang berat. Tetapi setidaknya Anda masih perlu menggerakan badan Anda untuk berolahraga agar tetap mempertahankan fisik yang sehat. Berikut kami sajikan beberapa cara melakukan olahraga yang dapat mempertahankan kesehatan fisik Anda.

  1.   Kardiovaskular dan Tubuh Bagian Bawah

Kardiovaskuler dapat dilakukan dengan cara berjalan kaki di luar ruangan sekitar setengah jam. Untung membantu Anda merasa nyaman saat mencari sepatu yang nyaman. Alternatif lain dapat dilakukan melalui cara naik tangga secara berulang-ulang. Kegiatan seperti ini dapat membantu meningkatkan kaki daan meningkatkan denyut otot secara bersamaan.

  1.   Tubuh Bagian Atas

Kegiatan ini dapat dilakukan dengan melatih peregangan. Anda dapat merenggangkan setiap badan Anda dengan pembantuan. Anda juga dapat melatihnya dengan cara push-up untuk mengencangkan tubuh bagian atas. Agar mendapatkan hasil yang lebih baik lakukan push-up minimal tiga kali seminggu.

  1.   Dasar Push-up

Basic push-up dapat melatih seluruh daerah dada, trisep dan belakang Anda. Anda dapat melakukan sebanyak 3 set dengan masing-masing set terdiri atas 10 – 15 kali pengulangan (dapat ditambahkan sesuai dengan kemampuan fisik Anda).

Push-up ini dilakukan dengan cara membaringkan tubuh Anda menghadap lantai dan kaki dilebarkan di belakang serta tangan menopang bahu Anda. Kemudian lakukanlah gerakan dengan posisi awal merentangkan lengan Anda dari bahu yang dapat mengangkat seluruh tubuh bagian atas Anda dari lantai. Pertahankan kepastian punggung Anda tetap stabil, lalu mulai bergerak turun sampai hidung menyentuh lantai.

  1. Close-grip Push-up

Close-grip Push-up difokuskan pada trisep otot, dada dada dan batang otot. Kegiatan ini dapat dimulai dengan menghadap ke bawah. Dekatkan tangan Anda dan bentuk segitiga menggunakan jari telunjuk dan ibu jari. Saat Anda memulai menurunkan tubuh ke lantai, sikut harus tetap berada di samping. Dengan demikian hal ini akan memberikan tekanan pada otot trisep Anda.

(gfycat.com)
  1. Wide-grip Push-up

Latihan ini bisa membentuk dada, bahu serta otot-otot tulang belakang. Jangka waktunya dapat dilakukan sama seperti push-up yang lainnya. Letakan tangan Anda dengan posisi lurus dengan bahu dengan jari-jari menghadap ke depan. Model push-up ini memang lebih membutuhkan banyak usaha dibanding dengan jenis push-up lainnya.

 

  1.   Office Chair Squat

Mulailah dengan berdiri tegak dengan bahu dan jari-jari kaki dinaikkan sedikit keatas dengan tetap tinggal di lantai. Sambil tetap menjaga kestabilan, turunkan bokong hingga 1 inci kembali kursi dan tahan ini selama 10 detik.

  1.   Business Flight

Latihan ini difokuskan pada bagian tubuh yang biasanya tidak terganggu saat bekerja di meja. Seperti paha belakang dan punggung tengah. Mulailah dengan berdiri lalu ke depan sambil berdiri dengan satu kaki menggunakan sebagai pusat dan kaki lainnya ditarik ke belakang sehingga dada sejajar dengan lantai.

  1.   Office Hip Hiker

Latihan jenis ini punggung dapat memberikan bantuan pada bagian bawah. Kegiatan ini bisa dilakukan dengan cara duduk tegak, lalu angkat satu telapak kaki seperti berjinjit. Kemudian kembali pada posisi semula dan ulangi untuk sisi lainnya. Setelah itu lakukan dengan menggoyangkan pinggul dari satu sisi ke sisi lainnya selama 30 detik.

  1.   Desk Press

Latihan ini dapat menguatkan bagian atas dan tengah tubuh. Caranya dilakukan dengan posisi berdiri menjauh beberapa cm dari meja, kemudian buat seperti push-up berdiri. Condongkan tubuh bagian atas ke depan dengan siku berada di sudut 90 derajat secara bersamaan tangan menempel di meja. Tahan posisi tersebut sambil mengikuti salah satu dengkul dan diikuti dengan push-up 5 kali .

  1.   Victory

Latihan ini dapat membantu meluruskan dan mengaktifkan pusat tubuh serta otot yang penting untuk postur tubuh. Caranya dapat dilakukan dengan cara duduk dengan sempurna, bernapas, serta memanjangkan serta meluruskan tulang punggung dengan kaki terbuka. Tahan posisi seperti ini sambil mencondongkan dada ke depan dengan posisi lengan lurus ke atas seperti akan mendorong benda di atas kepala.

Itulah beberapa latihan dasar yang dapat menjaga fisik agar tetap bugar. Latihan tersebut dapat Anda lakukan dimana saja saat Anda memiliki waktu longgar sehingga badan Anda tetap sehat dan ringan. Sekian informasi tips ini kami sajikan, semoga dapat bermanfaat. Informasi menarik lainnya dapat Anda kunjungi di website kami .

MM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here