Real Estat: Perubahan Cara Perusahaan Sumber Kantor

  • Whatsapp

Bumiayu.id Penyewaan real estat tidak pernah dipertanyakan ketika datang ke dunia pra-pandemi. Dengan lonjakan popularitas kondisi kerja jarak jauh dan jarak sosial baru-baru ini, perusahaan mengubah pendirian mereka tentang pengadaan kantor.

Studi menunjukkan bahwa lebih dari 40% usaha kecil di 10 industri terpisah tidak mampu membayar sewa pada Januari 2021 karena norma COVID-19. Pembayaran sewa ruang kantor masih menjadi tantangan bagi 33% pemilik usaha kecil, mendorong perubahan cara pandang perusahaan terhadap sewa kantor. Tren apa yang dapat kita harapkan untuk mengakar dalam sumber real estat ruang kantor di dunia pasca-pandemi? Bagaimana hal itu mencerminkan keuntungan pemilik ruang dan dapatkah perusahaan beroperasi tanpa hambatan bahkan tanpa ruang kantor khusus pada tahun 2021 dan seterusnya?

Sewa Kantor Berbasis Proyek, Sesuai Permintaan

Real Estat: Perubahan Cara Perusahaan Sumber Kantor

Beberapa pemilik bisnis dan staf terlalu bergantung pada ruang kantor untuk melepaskannya sepenuhnya. Namun, membayar sewa dari bulan ke bulan tidak berkelanjutan dalam kondisi COVID-19, yang mendorong terjadinya perubahan. Menyewa ruang kantor selama berminggu-minggu atau sebulan untuk proyek tertentu dan kemudian kembali ke kondisi terpencil adalah cara yang tepat. Ini meminimalkan biaya operasional dan memungkinkan staf untuk terikat, berkolaborasi, berbagi ide, dan kembali ke kerja tim jarak jauh sesudahnya.

Tren tersebut dapat menandai perubahan positif bagi pemilik ruang kantor yang dapat menyewakan kantor yang sama ke beberapa perusahaan secara berurutan. Dalam kasus di mana ruang kantor yang baik ditemukan, perusahaan dapat memutuskan untuk memperpanjang kontrak sewa mereka untuk tinggal di sana lebih lama. Hal ini dapat menyebabkan penetapan harga sumber kantor yang dinamis dan perusahaan itu sendiri tidak terlalu lama berkomitmen pada satu tempat. Demikian juga, hal ini dapat membuat penyelesaian perselisihan antara pemilik ruang kantor dan perusahaan menjadi lebih mudah, karena mengosongkan tempat dan pindah ke tempat lain tidak sesulit itu.

Memilih Hub Rekan Kerja Daripada Real Estat Khusus

Hub rekan kerja selalu ramai dengan lalu lintas freelancer dan pengusaha solo. Di dunia pascapandemi, semakin banyak perusahaan yang memilih ruang kerja bersama daripada kantor khusus. Ini seharusnya tidak mengejutkan karena hub coworking lebih terjangkau dan memungkinkan lebih banyak opsi jaringan untuk perusahaan.

Hub sering kali dilengkapi dengan ruang konferensi, kafetaria, dan area lounge tempat seminar pelatihan atau pembangunan tim dapat berlangsung. Dalam hal ini, GetGoodGrade dapat membantu Anda menulis dan memformat dokumen dan presentasi untuk digunakan staf Anda. Bekerja di coworking space juga berarti Anda dapat menggunakan beberapa peralatan mereka secara bebas, seperti printer atau proyektor. Dibandingkan dengan ruang kantor tradisional, mereka jauh lebih dinamis dan berorientasi pada tren modern, di mana pekerjaan jarak jauh paling menonjol. Ruang-ruang ini memberikan nilai yang jauh lebih baik bagi perusahaan dibandingkan dengan sumber kantor tradisional yang membutuhkan pemeliharaan dan investasi.

Ruang Kantor Sebagian untuk Staf Terpilih sementara Yang Lain Bekerja dari Jarak Jauh

Banyak perusahaan telah beroperasi di bawah struktur SDM hibrida bahkan sebelum pandemi mengubah keadaan. Memisahkan karyawan menjadi kantor dan jarak jauh telah berhasil dengan baik untuk perusahaan di seluruh dunia, terutama yang melakukan outsourcing ke pekerja lepas dan agensi internasional. Membicarakan topik pembukaan kembali kantor sulit bukan hanya karena biaya sewa ruang kantor tetapi juga karena moral karyawan.

Data oleh Forbes menunjukkan bahwa 74% perusahaan berencana untuk secara permanen mengalihkan kondisi kerja mereka ke manajemen jarak jauh, meninggalkan kantor tradisional sepenuhnya. Ini mungkin solusi berkelanjutan untuk usaha kecil dengan kurang dari 10 karyawan, tetapi perusahaan menengah dan besar tidak dapat melakukannya secara efektif. Bekerja di bawah kondisi kantor/hibrida jarak jauh adalah solusi logis untuk bisnis ini, karena meminimalkan biaya logistik sekaligus memungkinkan karyawan untuk bekerja dengan nyaman dari rumah.

Peningkatan Upaya untuk Memastikan Kondisi Ruang Kantor yang Sehat

Bergantung pada industri tempat bisnis beroperasi, pengadaan kantor mungkin tidak memiliki alternatif. Bisnis seperti firma hukum atau keuangan misalnya memerlukan kantor khusus untuk bertemu dengan klien. Dalam hal ini, perusahaan terikat untuk menuntut langkah-langkah kesehatan dan keselamatan yang lebih ketat dan terperinci.

Pembersih tangan wajib, persediaan masker dan sarung tangan, serta kepatuhan terhadap norma jarak sosial, adalah suatu keharusan. Setiap ruang kantor hanya dapat menampung begitu banyak orang sekaligus sampai jarak antarpribadi yang aman tidak dapat dicapai lagi. Sanitasi harian setiap ruang kantor juga menjadi persyaratan, yang menambah biaya operasional. Namun, standar ini tidak dapat dikorbankan untuk melunakkan pukulan ke garis bawah bisnis. Di dunia pascapandemi, kesehatan dan keselamatan pribadi staf dan klien harus menjadi prioritas utama.

Berbagi Ruang Kantor dengan Perusahaan Lain

Cara perusahaan mencari kantor juga akan beralih ke ruang kantor yang digabungkan menjadi urusan yang lebih standar. Dua atau lebih perusahaan dapat berbagi biaya operasional dan sewa untuk membuat prospek menyewa ruang kantor khusus terjangkau. Ini sangat berguna dalam kasus di mana perusahaan jaringan memutuskan untuk menempati ruang kantor yang sama, karena karyawan dapat berkolaborasi dengan lebih mudah.

Namun, aturan jarak sosial dan peraturan kesehatan yang disebutkan di atas dapat menghambat tren ini. Ruang kantor harus cukup luas untuk menampung karyawan dari banyak perusahaan, menjadikan bilik kantor sebagai langkah logis berikutnya. Perlu juga dicatat bahwa dalam kasus ketidaksepakatan atau kejatuhan, menutupi biaya sewa berdasarkan perjanjian yang ada mungkin terbukti merepotkan. Ruang kantor yang digabungkan bersama adalah pedang bermata dua, tetapi dapat terbukti terjangkau untuk bisnis dengan anggaran terbatas.

Outsourcing Real Estat di Dunia Pasca-COVID (Kesimpulan)

Perubahan yang sama yang terjadi pada perusahaan juga meluas ke pemilik ruang kantor dan pialang real estat. Mereka perlu mengevaluasi kembali bagaimana mereka mendekati klien dan perusahaan dengan pemahaman bahwa pandemi telah mempengaruhi semua orang secara setara.

Setelah konsensus tercapai, tidak ada alasan bagi perusahaan untuk mengabaikan pengadaan ruang kantor seperti yang mereka lakukan sebelumnya. Sementara kondisi kerja jarak jauh dapat mengurangi skala ruang kantor yang dibutuhkan untuk operasi yang optimal di masa mendatang, kondisi tersebut tidak akan pernah hilang sama sekali. Pasar real estat untuk persewaan kantor sedang berubah – yang bisa kita lakukan hanyalah bersiap menghadapi dunia pasca-COVID di mana kesehatan dan keselamatan pribadi diutamakan.

 

Related posts