Penting! Manfaat Sarapan Pagi Sebelum Beraktivitas

0
97

Bumiayu.id- Banyak orang yang menganggap tidak penting sarapan pada pagi hari karena beberapa alasan. Padahal, makan pagi ini sangat penting bagi kesehatan tubuh, terutama bagi orang yang akan melakukan aktivitas seharian seperti bekerja, sekolah atau lainnya. Sarapan nyatanya tidak hanya sebatas mengganjal perut, melainkan sebagai bahan produksi energi agar otak dapat bekerja lebih optimal sehingga dapat beraktivitas dengan baik, lebih konsentrasi dan tidak mengantuk.

Makan pagi merupakan makanan yang dikonsumsi saat pagi hari sebelum melakukan aktivitas. Makan pagi ini diibaratkan sebagai bahan bakar bagi kendaraan Anda. Bahan bakar merupakan suatu yang sangat penting agar mesin dapat bekerja dan bergerak. Melalui sarapan badan Anda akan terisi dengan nutrisi yang siap dijadikan bekal melaksanakan aktivitas.

Sarapan pagi memang sangat penting bagi tubuh. Hal ini dapat mencukupi zat gizi yang diperlukan oleh tubuh sekaligus menurunkan tingkat kolesterol. Sarapan pagi juga dipercaya dapat memelihara ketahanan tubuh, menjaga kekuatan dan stamina, membantu konsentrasi, serta mengurangi resiko kelelahan yang berlebihan saat beraktivitas.

(olahragapedia.com)

Dilihat secara kesehatan, sarapan diketahui dapat menyehatkan tubuh dengan diperoleh dari menu yang bernutrisi. Banyak manfaat yang Anda dapatkan ketika menyempatkan untuk makan pagi. Berikut beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika mengkonsumsi makanan di pagi hari.

  1.   Mengoptimalkan Kinerja Otak

Pada malam hari ketika Anda tertidur nyenyak, Anda tidak makan. Sedangkan otak membutuhkan pasokan glukosa sebagai nutrisi. Kurangnya gula darah dapat mempengaruhi kinerja otak sehingga melemahkan daya konsentrasi. Melalui sarapan pagi dapat menormalkan gula darah yang dibutuhkan otak.

 

  1.   Memperoleh Nutrisi Esensial

Menu sarapan yang diperkaya dengan nutrisi dapat memasok kebutuhan tubuh. Nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh antara lain zat besi, vitamin B, serat, protein, karbohidrat dan lainnya dapat terpenuhi jika mengkonsumsi makanan pada pagi hari. Oleh karena itu meninggalkan sarapan pagi tentunya sangat rugi bagi tubuh.

 

  1.   Mengurangi Sindrom Metabolik

Sajian menu makanan yang lengkap yang terdiri dari nasi, lauk pauk dan sayuran dapat mencegah dari gangguan sindrom metabolic seperti resistensi insulin dan obesitas.

 

  1.   Mencukupi Kebutuhan Nutrisi

Menunda sarapan sama halnya menunda tubuh untuk memperoleh asupan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh. Sehingga dengan sarapan kebutuhan nutrisi akan terpenuhi.

 

  1.   Meningkatkan Sistem Kekebalan

Menurut sebuah penelitian di Belanda menyatakan bahwa sarapan dapat meningkatkan gamma interferon, yakni hormon berupa protein sejenis glikoprotein sebagai antivirus alami yang dapat mengaktifkan sel-sel kekebalan tubuh.

 

  1.   Menjaga Nafsu Makan

Sarapan dapat membantu mencegah rasa lapar yang berlebihan pada siang hari. Selain itu juga dapat mencegah makan terlalu banyak yang tidak baik bagi kesehatan tubuh.

 

  1.   Menyehatkan Jantung

Makan pada pagi hari dapat menjaga jantung agar tetap sehat, mencegah resiko diabetes serta menurunkan tekanan darah. Orang yang melewatkan sarapan lebih cenderung memiliki kadar kolesterol yang tinggi. Hal tersebut merupakan faktor utama terkena resiko penyakit jantung. Sedangkan orang yang sarapan akan mendapatkan serat dan sedikit lemak.

 

  1.   Menyehatkan Kulit

Salah satu menu sarapan yang dianjurkan ialah telur. Telur sangat baik bagi kesehatan kulit sebab didalamnya terkandung lutein dan antioksidan karotenoid yang dapat membantu kulit menjadi lebih kenyal serta melindungi sel-sel kulit dari serangan radikal bebas. Sebutir telur yang dikonsumsi saat sarapan dapat mencukupi kebutuhan lutein sebesar 26%.

 

  1.   Menstabilkan Tingkat Energi

Sarapan dapat menyeimbangkan karbohidrat, protein dan serat. Makan makanan dengan kandungan tersebut dapat meningkatkan energi dalam tubuh. Melalui makan pagi dapat menyimpan glikogen untuk membentuk energi. Sehingga dengan sarapan tubuh Anda akan tercukupi energi sekitar 25%.

Itulah beberapa manfaat yang akan Anda dapatkan jika tidak melewatkan sarapan pagi. Tentunya makan pagi ini harus diisi menu yang terkandung nutrisi sehingga dapat menyumbang energi bagi tubuh. Dengan demikian aktivitas Anda akan semangat, tidak mudah lelah dan menghindari rasa ngantuk.

Sekian informasi seputar kesehatan yang kami sajikan. Semoga dapat bermanfaat dan dapat Anda praktekan secara langsung saat pagi hari. Anda juga bisa mendapatkan informasi menarik lainnya dengan cara mengunjungi website kami.

 

MM

 

 

 

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here