Bumiayu.id Tujuan dari copywriting untuk pemilik bisnis adalah untuk memindahkan konsumen dari hanya menjadi pembaca menjadi pembeli. Hubspot mendefinisikan copywriting sebagai “… Kata-kata, baik tertulis atau lisan, digunakan pemasar untuk mencoba membuat orang mengambil tindakan setelah membaca atau mendengarnya.”
Table of Contents
Secara efektif, copywriting untuk pemilik bisnis adalah kata-kata yang menjual. Salinan yang bagus membuat mereka membeli. Salinan yang bagus membuat mereka membeli lagi. Jika Anda adalah tipe pemilik bisnis yang ingin mendapatkan langsung dan DIY, mengikuti kursus copywriting online atau mempelajari karya copywriter hebat adalah cara yang bagus untuk meningkatkan keterampilan Anda.
Berikut ini adalah panduan copywriting penting bagi pemilik bisnis untuk menulis dengan cara yang membuat audiens Anda membeli dan membeli lagi.
-
Targetkan Poin Rasa Sakit Mereka
Sekarang setelah Anda memiliki kejelasan tentang masalah yang dapat diselesaikan bisnis Anda untuk mereka, langkah Anda selanjutnya adalah membantu mereka melihat perjuangan yang sebenarnya mereka hadapi.
Bagaimana perasaan mereka ketika mereka tidak bisa melakukan X?
Bagaimana perasaan mereka ketika mereka tidak punya waktu untuk Y?
Apa yang mereka lewatkan ketika mereka terjebak melakukan Z?
Terhubung dengan pembaca tentang frustrasi akut dari keadaan mereka. Gunakan pengalaman negatif mereka dan tunjukkan betapa tidak realistisnya melanjutkan tanpa bantuan atau perubahan.
Tunjukkan pada mereka apa yang bisa mereka alami jika mereka mengambil tindakan, jika mereka membeli barang itu. Memiliki barang saja tidak cukup, di mana mereka akan berada? Apa yang akan mereka capai?
Bawa pembaca dalam perjalanan dari rasa sakit mereka menuju kemajuan.
-
Manfaatkan Studi Kasus Dan Testimonial
Lihatlah pelanggan Anda sebelumnya atau yang sudah ada. Di mana mereka memulai dan di mana mereka sekarang? Bagaimana produk atau layanan Anda meningkatkan pengalaman mereka?
Manfaatkan kekuatan cerita dan buat hasilnya bekerja untuk Anda.
Fokus pada Manfaat – BUKAN Fitur
Baik Anda menawarkan produk, layanan, atau keanggotaan, sangat mudah untuk fasih berbicara tentang semua hal yang dapat dilakukan. Semua lonceng dan peluit dan pernak-pernik berkilau yang dikandungnya.
Tapi bukan itu yang diinginkan pembaca. Bukan itu alasan orang membeli. Dan ini adalah tujuan akhir, membuat orang melewati ambang pembelian.
Fokus salinan Anda harus pada manfaat yang ditawarkan produk, layanan, atau keanggotaan Anda. Masalah yang akan dipecahkannya. Jika mereka mencari apa yang Anda tawarkan, apa yang akan mereka cari? Sebuah solusi.
Bisnis Anda menawarkan solusi untuk masalah mereka. Dapatkan kejelasan tentang apa masalahnya sehingga Anda dapat berbicara dengan solusi yang mereka butuhkan.
Tetap Fokus Pada Pelanggan
Tidak ada yang peduli denganmu.
Ini adalah kebenaran yang sulit, tetapi yang penting untuk dipahami saat menulis salinan Anda. Kecuali jika Anda seorang selebritas besar, siapa Anda dan apa yang Anda lakukan tidak berpengaruh pada daya beli penawaran Anda.
Tetap fokus pada minat, perhatian, keinginan, dan kebutuhan pembaca. Apa yang mungkin mereka pikirkan saat mereka menelusuri salinan Anda? Bagaimana perasaan mereka? Bagaimana Anda bisa terus berhubungan dengan keadaan mereka saat ini?
Jangan pernah melupakan masalah yang sedang Anda pecahkan saat menulis salinan Anda. Teruslah berbicara tentang bagaimana Anda dapat membantu mereka dan hasil yang akan mereka lihat. Lanjutkan membawa manfaat tersebut ke perhatian mereka.
Tulis Bagaimana Anda Akan Berbicara – Tetap Percakapan
Anda mungkin jenius, tetapi jika dibutuhkan jenius lain untuk memahami tawaran Anda, Anda telah sangat membatasi kumpulan pembelian Anda.
Singkirkan tesaurus dan pertahankan bahasa percakapan. Semakin dalam atau teknis tulisan Anda, semakin kecil dampaknya. Jika Anda terlalu bertele-tele, pembaca mungkin bosan. Jika terlalu rumit, pembaca mungkin akan frustrasi.
Tujuannya adalah untuk membawa mereka sampai akhir. Jika mereka pergi bahkan sebelum mereka menyelesaikan seluruh penawaran, Anda tidak hanya kehilangan penjualan tetapi juga kepercayaan mereka. Copywriting Anda harus memotivasi dan terhubung dengan mereka, bukan menakut-nakuti mereka.
Buat Mereka Tertarik
Dengan setiap kalimat atau bagian baru, terdapat kewajiban baru untuk membuat mereka terus membaca. Anda ingin memaksa mereka dari satu kalimat ke kalimat berikutnya, dari setiap momen “ah ha” hingga pemeriksaan terakhir.
Ini dimulai dengan judul Anda dan berlanjut dengan setiap paragraf baru. Ini mengharuskan Anda untuk mengevaluasi kembali pola pikir pelanggan Anda di setiap kesempatan. Apa yang mereka pikirkan 30 detik yang lalu mungkin tidak sama dengan apa yang mereka pikirkan sekarang.
Panduan Copywriting Penting Untuk Pemilik Bisnis: BONUS MATERIAL
Pertimbangkan poin tambahan ini saat membuat salinan Anda!
- Struktur teks agar mudah dilihat. Paragraf pendek dan poin-poin adalah cara mudah untuk memecah teks dan tidak membanjiri pembaca.
- Untuk dampak yang paling besar, berlatihlah menulis dengan cepat. Ini mengaktifkan sisi yang lebih emosional dari otak Anda dan memungkinkan Anda untuk lebih mudah terhubung dengan poin-poin rasa sakit pembaca.
- Susun ajakan bertindak (atau CTA) Anda menggunakan prinsip-prinsip yang sama ini – tetap sederhana, tetap berpegang pada masalah yang mereka alami dan manfaat yang Anda tawarkan.
- Kecuali jika Anda seorang pro (dan mungkin bahkan saat itu), selalu dapatkan sepasang mata untuk meninjau atau mengedit salinan Anda. Terkadang Anda terlalu dekat dengannya atau terlalu terikat pada bahasa Anda untuk melihat di mana Anda memiliki ruang untuk perbaikan.
- Dan, pada akhirnya, ingatlah bahwa salinan Anda memiliki dampak signifikan pada bisnis Anda secara keseluruhan. Jika Anda merasa tidak dapat meretasnya atau tidak mendapatkan hasil yang diinginkan, jangan takut untuk menghubungi agen copywriting .