Kolesterol Baik Bagi Tubuh? Mari Mengenal Kolesterol dan Jenisnya

0
121

Bumiayu.idMakanan merupakan kebutuhan pokok yang tidak dapat kita tinggalkan. Makanan sebagai penyumbang nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun terkadang tidak hanya sebatas menyuplai nutrisi saja, bahkan ada sebagian makanan yang justru tidak baik bagi kesehatan tubuh terutama jika dikonsumsi secara berlebihan.

Makanan bisa meningkatkan atau menurunkan kolesterol. Ada beberapa makanan yang bisa meningkatkan HDL atau yang dikenal sebagai kolesterol baik dan bisa menurunkan kolesterol LDL atau kolesterol jahat serta ada juga yang sebaliknya. Oleh karena itu perlu kejelian dan tidak sembarang dalam membeli makanan.

Mengenal Kolesterol

Kolesterol merupakan sejenis lemak dalam darah yang diproduksi secara alami oleh tubuh. Kolesterol juga bisa ditemukan pada makanan. Kolesterol dengan kadar yang normal merupakan hal yang penting dalam menjaga kinerja tubuh. Kolesterol juga memegang peran penting dalam beberapa proses dalam tubuh seperti produksi hormon, mengubah vitamin D menjadi bentuk aktif dan membantu sistem pencernaan.

Hal ini akan berbanding terbalik jika kadar kolesterol tidak terkendali. Ketidakstabilan kolesterol dapat memicu terjadinya risiko penyakit jantung. Kadar kolesterol yang terlalu tinggi bisa memicu terjadinya aterosklerosis dimana pembuluh darah arteri mengalami penyempitan dan pengerasan yang diakibatkan oleh plak pada dinding pembuluh darah. Alhasil aliran darah terganggu dan memicu terjadinya serangan jantung dan stroke.

Jenis Kolesterol

Kolesterol yang tinggi memang tidak ada gejala tertentu, bahkan seseorang dapat saja tidak menyadarinya. Agar dapat mengetahui kolesterol dalam tubuh bisa dilakukan dengan cara tes darah. Melalui tes darah, kita akan tahu kadar kolesterol di darah beserta jenisnya.

Lipoprotein mengangkut berbagai macam kolesterol dalam darah. Jenis kolesterol yang diketahui memang ada dua.Lipoprotein mengangkut berbagai macam kolesterol dalam darah. Jenis kolesterol yang diketahui memang ada dua. Berikut dua jenis kolesterol secara umum.

  1.   LDL (Low Density Lipoprotein) adalah kolesterol yang dikenal sebagai kolesterol jahat sebab dapat menyebabkan plak yang berakibat pada penyumbatan pembuluh darah.
  2.   HDL (High Density Lipoprotein) adalah jenis protein yang dapat berfungsi sebagai penyingkir kolesterol jahat (LDL) penyebab plak yang berpotensi menyumbat pembuluh darah.

Selain kedua kolesterol tersebut, Anda mungkin tidak asing dengan istilah trigliserida. Trigliserida adalah jenis lemak yang dibentuk oleh sisa-sisa energi dan makanan yang tidak terpakai dalam tubuh. Agar mengetahui kadar kolesterol pada tubuh biasanya kedua jenis kolesterol dan trigliserida dihitung sekaligus sebagai ukuran terhadap kesehatan jantung.

Pengaruh Makanan

Agar kolesterol dalam tubuh seimbang, ada kalanya Anda perlu memperhatikan makanan yang Anda konsumsi. Bagaimanapun  makanan merupakan salah satu penyuplai kolesterol dalam tubuh, sehingga perlu kejelian dalam memilah mana makanan yang baik bagi kesehatan tubuh Anda.

(lifestyle.kompas.com) Buah salah satu makanan yang bisa menurunkan kolsterol

Jika membicarakan pengaruh makanan terhadap kadar kolesterol, maka ada kaitannya dengan kandungan lemak yang terdapat di dalamnya seperti lemak jenuh, lemak trans, karbohidrat, kadar gula dan kolesterol. Jika tingkat konsumsi Anda terhadap jenis makanan yang memiliki kandungan tersebut tinggi, maka dapat berpotensi meningkatkan kadar kolesterol pada tubuh Anda.

Bagi para penderita kolesterol tinggi sebaiknya memilih makanan dengan kandungan serat dan lemak nabati agar dapat mengontrol kadar kolesterol LDL dalam tubuh. Selain itu makanan juga dapat menambah berat badan yang bisa memicu resiko penyakit jantung. Sebab berat badan yang terlalu tinggi bisa memicu naiknya kadar LDL, kadar kolesterol secara keseluruhan serta trigliserida. Hal tersebut juga dapat menurunkan kadar HDL dalam tubuh.

(gogobli.com) gaya hidup sehat dengan berolahraga juga mampu menurunkan kolsterol dalam tubuh

Tidak hanya soal makanan, gaya hidup yang tidak sehat juga bisa menjadi pendukung meningkatnya kadar kolesterol. Oleh karenanya semakin efektif jika Anda mengkonsumsi makanan penurun kolesterol dan diimbangi dengan gaya hidup sehat seperti berolahraga, tidak merokok, menghindari minuman beralkohol serta konsumsi suplemen jika dirasa memerlukan.

Sekian informasi seputar kolesterol dan jenisnya. Semoga informasi yang kami sajikan dapat bermanfaat bagi Anda. Informasi menarik lainnya bisa Anda kunjungi di website kami.

MM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here