Surat keterangan domisili merupakan surat yang diterbitkan oleh instansi pemerintah setempat yang menyatakan bahwa seseorang memiliki tempat tinggal di wilayah tersebut. Surat ini sering dibutuhkan dalam berbagai keperluan seperti untuk melengkapi persyaratan administrasi, mengurus perizinan, dan keperluan lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh surat keterangan domisili yang sering digunakan.
1. Surat Keterangan Domisili dari Kelurahan
Table Contents
Surat keterangan domisili dari kelurahan merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak kelurahan setempat. Surat ini biasanya dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus kartu keluarga, BPJS, atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke kelurahan dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
2. Surat Keterangan Domisili dari Desa
Surat keterangan domisili dari desa merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak desa setempat. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus perizinan usaha atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke desa dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
3. Surat Keterangan Domisili dari RT/RW
Surat keterangan domisili dari RT/RW merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak RT/RW tempat seseorang tinggal. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus perizinan usaha atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke RT/RW dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
4. Surat Keterangan Domisili dari Kepolisian
Surat keterangan domisili dari kepolisian merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak kepolisian setempat. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus perizinan usaha atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke kepolisian dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
5. Surat Keterangan Domisili dari Pengadilan
Surat keterangan domisili dari pengadilan merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak pengadilan setempat. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus perizinan usaha atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke pengadilan dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
6. Surat Keterangan Domisili dari Kantor Desa/Kelurahan
Surat keterangan domisili dari kantor desa/kelurahan merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak kantor desa/kelurahan setempat. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus perizinan usaha atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke kantor desa/kelurahan dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
7. Surat Keterangan Domisili dari Kantor Kecamatan
Surat keterangan domisili dari kantor kecamatan merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak kantor kecamatan setempat. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus perizinan usaha atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke kantor kecamatan dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
8. Surat Keterangan Domisili dari Kantor Camat
Surat keterangan domisili dari kantor camat merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak kantor camat setempat. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus perizinan usaha atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke kantor camat dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
9. Surat Keterangan Domisili dari Kantor Pos
Surat keterangan domisili dari kantor pos merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak kantor pos setempat. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus perizinan usaha atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke kantor pos dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
10. Surat Keterangan Domisili dari Kantor Pajak
Surat keterangan domisili dari kantor pajak merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak kantor pajak setempat. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus perpajakan atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke kantor pajak dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
11. Surat Keterangan Domisili dari Kantor Imigrasi
Surat keterangan domisili dari kantor imigrasi merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak kantor imigrasi setempat. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus perizinan tinggal atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke kantor imigrasi dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
12. Surat Keterangan Domisili dari Kantor Catatan Sipil
Surat keterangan domisili dari kantor catatan sipil merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak kantor catatan sipil setempat. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus akta kelahiran atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke kantor catatan sipil dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
13. Surat Keterangan Domisili dari Kantor Notaris
Surat keterangan domisili dari kantor notaris merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak kantor notaris setempat. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus akta notaris atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke kantor notaris dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
14. Surat Keterangan Domisili dari Kantor Akuntan Publik
Surat keterangan domisili dari kantor akuntan publik merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak kantor akuntan publik setempat. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus perpajakan atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke kantor akuntan publik dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
15. Surat Keterangan Domisili dari Bank
Surat keterangan domisili dari bank merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak bank setempat. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti mengurus pembukaan rekening atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke bank dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
16. Surat Keterangan Domisili dari Perusahaan
Surat keterangan domisili dari perusahaan merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak perusahaan tempat seseorang bekerja. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti pengajuan pinjaman atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke pihak HRD dengan melampirkan persyaratan yang diminta.
17. Surat Keterangan Domisili dari Universitas
Surat keterangan domisili dari universitas merupakan surat yang diterbitkan oleh pihak universitas tempat seseorang kuliah. Surat ini sering dibutuhkan untuk keperluan administrasi seperti pengajuan beasiswa atau keperluan lainnya. Untuk mendapatkan surat keterangan ini, seseorang harus mengajukan permohonan ke bagian admin dengan melampirkan persyaratan yang diminta.