Bagai Angin Segar, PLN Kembali Memperpanjang Masa Diskon Tambah Daya Listrik UMKM 

0
100

Bumiayu.id – Terhitung sejak berlakunya promo tambah daya PLN pada tanggal 4 September 2020 lalu,  setidaknya lebih dari 50 ribu pelanggan telah mendaftar pada program ini. Pelaksanaan agenda diskon tambah daya “Super Merdeka” ini dirasakan masyarakat bagaikan hembusan angin segar, apalagi bagi mereka yang mempunyai Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Bagai Angin Segar, PLN Kembali Memperpanjang Masa Diskon Tambah Daya Listrik UMKM 

Apabila Anda penasaran mengapa dan bagaimana kebijakan ini dilaksanakan, simak artikel informatif berikut lebih lanjut, ya!

Mengapa Agenda Diskon Tambah daya Listrik Dilaksanakan?

Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia ke-75 tahun, PT PLN (Persero) menggelar diskon harga penambahan daya listrik “Super WOW”. Mulanya, program ini dapat dinikmati pelanggan dari golongan rumah tangga sejak tanggal 14 Juli 2020 sampai 30 September 2020.

Akan tetapi, bagi pengguna listrik untuk kebutuhan UMKM dan IKM, program ini mulai diberlakukan sejak tanggal 4 September. Besaran diskon biaya penyambungan yang diberikan khusus bagi pelanggan golongan tarif bisnis dan industri tersebut mencapai 75% dengan daya tambahan mulai dari 450 VA hingga 16.500 VA.  Wah, sangat menguntungkan, bukan?

Bagai Angin Segar, PLN Kembali Memperpanjang Masa Diskon Tambah Daya Listrik UMKM

Selain hanya menjadi program khusus kemerdekaan, usaha PT PLN ini rupanya juga merupakan wujud dukungan bagi pengusaha-pengusaha Indonesia agar dapat meningkatkan produktivitas bisnis atau usaha mereka. Pasalnya, selama masa pandemi Covid-19, tingginya angka PHK membuat masyarakat mau tidak mau harus banting stir mencari penghasilan lain, salah satunya adalah lewat bisnis.

Tak dapat disangkal bahwa kehadiran UMKM dan IKM di tengah-tengah pandemi virus corona mampu mendorong lesunya perekonomian negara akibat tingginya dampak pandemi tersebut. oleh karena itu, pemerintah tak segan-segan turut mendukung usaha-usaha masyarakat melalui program diskon tambah daya/tenaga listrik.

Melihat tingginya antusiasme pendaftar, program yang seharusnya berakhir pada tanggal 3 Oktober 2020 ini pun diperpanjang masa berlakunya hingga tanggal 30 November 2020 oleh PT PLN. Akan tetapi, yang mengejutkan kembali adalah promo “Super Merdeka” tersebut ternyata kembali diperpanjang PLN hingga 31 Desember 2020, seperti yang disadur dari surat kabar Jawa Pos.

Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, Bob Saril menyatakan bahwa perpanjangan sebanyak dua kali ini lagi-lagi didasari karena tingginya animo pelaku UMKM dan IKM. 

Bagaimana Testimoni Pelanggan “Super Merdeka”?

Dilansir dari situs Liputan6.com, salah satu pelaku UMKM yang berdiri dengan nama usaha “Etnic Coffee Lombok Galung”, Galung menyatakan dirinya merasa sangat terbantu dengan adanya program tersebut. Ia memanfaatkan “Super Merdeka” dengan menambah daya listrik usahanya dari 3.300 VA menjadi 5.500 VA.

Galung juga menambahkan bahwa semenjak penambahan daya tersebut, kini seluruh mesin produksi kopinya mampu bekerja lebih efisien. Dalam waktu bersamaan Ia dapat menghemat biaya, waktu, serta tenaga.

Beralih pada pelanggan lainnya yang dilansir dari situs Jawapos.com,  Himawan sebagai pengusaha bidang pakaian di Mojokerto pun menyampaikan bahwa program PLN ini memang sangat membantu usahanya lantaran selama masa pandemi penjualannya meningkat cukup pesat sehingga membutuhkan peningkatan tenaga listrik agar pekerjaan lebih efisien.

Testimoni selanjutnya juga disampaikan oleh Abdul Tolak, pemilik usaha handicraft di daerah Panarukan, Kabupaten Situbondo melalui Tuban Bicara. Ia menilai bahwa program “Super Merdeka” amatlah berguna dalam membantu mengembangkan usahanya. Abdul Tolak menegaskan bahwa ia telah menambah daya listrik dari awalnya 900 VA menjadi 2.200 VA.

Apa Saja Syarat Mendaftar Program Ini?

Bagi masyarakat yang berminat mendaftarkan diri pada program diskon tambah daya listrik ini, syarat utama dan pertama yang harus dipenuhi adalah pelanggan telah mendaftarkan usahanya sebelum tanggal 4 September. Untuk penambahan dayanya, pelanggan hanya memperoleh layanan sama, misalnya apabila pelanggan menggunakan prabayar maka penambahan dayanya juga prabayar.

Adapun untuk memperoleh infromasi lebih detail, pelanggan listrik dapat menghubungi Contact Center PLN 123 yang dapat diakses melalui beberapa metode berikut.

  1. Telepon seluler : kode are + 123
  2. Email : pln123@pln.co.id
  3. Facebook : PLN 123
  4. Twitter : @pln_123
  5. Instagram : @pln123_official
  6. Situs web resmi : www.pln.co.id pada menu ‘Ubah Daya’
  7. Aplikasi : PLN Mobile

Selain ketujuh metode dalam jaringan di atas, Anda juga dapat melakukan pendaftaran dengan mendatangi langsung Kantor Unit Layanan Pelanggan Perusahaan Listrik Negara terdekat. Akan tetapi, tetap jaga protokol kesehatan yang berlaku, ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here