5 Tips Meningkatkan Penjualan di Instagram

  • Whatsapp

Bumiayu.id Instagram kini telah menjadi salah satu aplikasi jejaring sosial terpopuler di dunia. Sekarang ada lebih dari satu miliar pengguna aktif setiap bulan, termasuk orang biasa, penulis konten, blogger, pemasar, dan pemilik bisnis. Dibandingkan dengan platform media sosial lainnya, ini dapat membantu Anda menjangkau berbagai audiens. Untuk memperkuat laba Anda dan mengembangkan bisnis Anda, Anda dapat memanfaatkan sumber daya ini sebaik-baiknya. 

Penting untuk membuat konten yang informatif dan mendapatkan keterlibatan yang cukup jika Anda ingin membeli lebih banyak pengikut Instagram yang setia pada merek Anda dan meningkatkan dampak niche Anda. Mayoritas pengguna Instagram mengikuti satu atau lebih bisnis, dan lebih dari dua pertiga telah membeli sesuatu yang mereka lihat di platform. 

Instagram telah terbukti menjadi alat penjualan yang kuat untuk bisnis yang ingin meningkatkan visibilitas dan jangkauan karena popularitas dan kemudahan penggunaannya. Instagram menawarkan bisnis opsi untuk menampilkan iklan dan posting bersponsor, namun, bisnis sudah dapat mulai menggunakan platform secara gratis, mendapatkan eksposur yang signifikan tanpa mengeluarkan uang. 

Pemasaran di Instagram dapat dilakukan dengan mudah berdasarkan strategi yang efektif. Oleh karena itu, berikut adalah 5 tips untuk membantu Anda meningkatkan penjualan di Instagram secara efisien.  

5 Tips Meningkatkan Penjualan di Instagram

1. Posting konten Kreatif 

Dalam Pemasaran Digital , pembuatan konten bisa dibilang merupakan faktor yang paling penting. Anda harus selalu menyediakan konten yang segar, unik, dan informatif. Anda tidak dapat menyiarkan nama merek Anda tanpa konten yang bagus. Untuk mendapatkan perhatian audiens Anda dan mendapatkan lebih banyak pengikut Instagram, Anda harus memasukkan logika dan emosi, keduanya ke dalam konten Anda. Kunci untuk menjangkau konten berpengaruh yang memengaruhi pikiran audiens Anda adalah kreativitas. 

Berkat Instagram sebagai platform yang sepenuhnya visual, Anda hanya perlu khawatir tentang konten multimedia. Multi-media memang memiliki efek yang melampaui teks saja, dan satu-satunya hal yang perlu Anda fokuskan adalah menciptakan grafis yang berkualitas dan kreatif. Pastikan pengikut Anda terlibat dengan Anda dengan menggunakan teks kreatif, tagar, komentar, balasan, dll. Ikuti polling untuk mengetahui pendapat pengikut Anda tentang konten Anda. Kurangnya kreativitas dapat mengakibatkan penurunan drastis pengikut Anda. 

2. Gunakan Tagar dan Iklan 

Untuk mendapatkan pengikut Instagram dan meningkatkan penjualan, Anda perlu menarik perhatian pengikut Anda. Dengan pergantian umpan Instagram yang begitu cepat, konten Anda mudah hilang di tengah keramaian. Anda dapat meningkatkan penjualan Anda dengan mempelajari cara menggunakan tagar untuk memperluas visibilitas Anda. Tujuan mereka adalah untuk menyatukan orang. 

Namun, jangan berlebihan. Memanfaatkan kombinasi tagar yang kreatif akan membantu target konsumen Anda menemukan Anda dengan lebih mudah. Gunakan tagar yang sesuai dengan niche Anda dan pilih tagar bermerek juga. 

Menggunakan iklan Instagram untuk mempromosikan produk Anda adalah langkah selanjutnya dalam mengembangkan strategi konten Instagram Anda. Meskipun Anda dapat meningkatkan keterlibatan di Instagram hanya dengan kreativitas Anda, ada baiknya jika Anda membeli pengikut atau suka. Anda akan melihat laba atas investasi Anda, terutama jika Anda adalah bisnis atau merek yang relatif baru. Pastikan Anda tidak mengalihkan pengguna dari tujuan utama Anda dengan memperumit pesan Anda. 

3. Postingan terjadwal 

Posting tanpa batas dan tanpa jadwal adalah salah satu kesalahan paling berbahaya yang dapat Anda lakukan di Instagram. Anda cenderung kehilangan pengikut jika mereka melihat iklan Anda di umpan berita mereka setiap kali mereka menggunakan aplikasi. Untuk mempertahankan kehadiran Anda di halaman mereka, Anda harus mengadopsi pendekatan yang efisien. Anda perlu menemukan hari-hari sibuk dalam seminggu serta jam-jam sibuk dalam sehari ketika audiens target Anda sedang online. 

Merumuskan rencana seperti itu tidak mudah, terutama bagi perusahaan global. Namun, tergantung pada lokasi geografis Anda, Anda dapat mulai memposting pada hari kerja pertama dan terakhir setiap minggu. Selain itu, jam pertama dan terakhir dari sebagian besar hari kerja adalah waktu yang paling memungkinkan bagi orang untuk terhubung. Ini akan memungkinkan Anda untuk melacak reaksi dan menyesuaikan jadwal posting Instagram Anda sesuai untuk meningkatkan keterlibatan. 

4. Pemasaran Influencer Master  

Pemasaran influencer adalah cara yang bagus untuk meningkatkan kehadiran online perusahaan Anda. Influencer Instagram menerima rekomendasi dan saran dari pengikutnya, sehingga brand selalu mencari influencer yang mampu memasarkan produknya. Berikan influencer yang Anda pilih, dengan konten yang akan menjual produk Anda tanpa membuatnya tampak seperti mereka mencoba menjual apa pun. Promosi produk Anda harus halus. 

Pastikan influencer yang Anda pilih untuk mempromosikan produk Anda memiliki citra yang selaras dengan merek Anda. Penting juga untuk memberi influencer kode eksklusif untuk diskon yang dapat mereka masukkan ke dalam keterangan atau deskripsi mereka untuk mendapatkan pengikut Instagram dan meningkatkan penjualan Anda. Anda akan mendapatkan keuntungan besar dari ini ketika Anda mencoba untuk melakukan penjualan. 

5. Posting Cerita Instagram 

Instagram Stories adalah alat gratis lain yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan pengikut Instagram dan membuat orang membeli produk dan layanan Anda. Konten yang bisa dibuat melalui Stories antara lain foto, video pendek, video rewind, live video, dan Boomerang. 

Fitur Instagram Stories seperti tayangan slide dan pengguna hanya dapat menontonnya selama 24 jam sebelum kedaluwarsa. Namun, Anda dapat menyimpan dan memposting ulang sesering yang Anda suka. Dalam cerita, foto, dan video yang Anda tambahkan akan ditampilkan dalam urutan saat Anda menambahkannya. Instagram juga memungkinkan Anda menyimpan cerita Anda selama Anda suka menggunakan fitur ‘Sorotan’. Penting juga untuk menandai akun lain di Stories untuk tujuan pribadi dan bisnis. Ini akan menjadi faktor utama dalam kolaborasi antara Anda dan merek lain. 

Kesimpulan 

Sosial media adalah tempat di mana hal-hal yang terus berubah, menjadi lebih baik dan lebih menantang dengan setiap update yang mengapa saya bukanlah tugas yang mudah untuk menjadi pemasar yang sukses konten digital. Pastikan Anda mempelajari subjek secara mendalam dan berusaha menjadi pemasar yang sukses. Semua teknik ini harus digunakan secara akurat dan menyeluruh dengan rencana yang komprehensif. Perubahan sikap dan tren harus dipantau secara hati-hati. Kemampuan untuk mengalahkan pesaing Anda mengharuskan Anda untuk bersiap sebelum perubahan terjadi. 

Dibutuhkan beberapa latihan untuk mengetahui strategi penjualan Instagram mana yang berhasil untuk organisasi Anda dan mengarah pada peningkatan keterlibatan. Tidak perlu waktu lama bagi Anda untuk memahami konsep ini. Anda harus selalu ingat bahwa sifat sosial Instagram baik untuk aspek tidak berwujud seperti loyalitas pembeli, ekuitas merek, dan nilai pengguna seumur hidup. 

Saat membangun toko Instagram Anda, ingatlah mantra berikut dan Anda siap melakukannya: ‘Kombinasi konten yang menyenangkan ditambah kepercayaan dan kemudahan pembelian sama dengan penjualan.’ 

Related posts